Rangkaian Regulator Power Supply 12V 5A



Rangkaian power supply atau regulator 12V 5A ini pada dasarnya hanya menggunakan IC regulator tegangan tetap yaitu IC L78xx, karena arus maksimum IC ini hanya 1 ampere saja, maka digunakan transistor untuk mengalirkan arus yang lebih besar, oke silakan disimak skema berikut ini:
jika anda menggunakan trafo tanpa CT, anda bisa menggunakan skema diatas, sedangkan di bawah ini untuk trafo CT
Daftar komponen:

D1-D4: Diode 1N5408  4 buah (2 buah jika trafo CT)
C1:      Kapasitor 4700µF 25V
C2:      Kapasitor 100µF 25V
C3:       Kapasitor 1000µF 25V
U1:       IC L7812
Q1:       2N3055 atau TIP3055

Letak B, C dan E pada transistor TIP3055


Q1 harus dipasang pendingin, karena ketika diberi beban berat transistior 2N3055 akan menghasilkan panas. Anda juga bisa menggunakan transistor TIP3055 untuk memudahkan pemasangan
Selain digunakan sebagai regulator, rangkaian diatas juga bisa digunakan sebagai penurun tegangan DC
Rangkaian tersebut bisa digunakan untuk power supply tone control, MP3 player, dan kipas pendingin pada power amplifier

84 comments:

  1. Wah, ini baru rangkaian sederhana tp powerful..
    Sekalian tanya mas.. Biasanya rangkaian ini disertai dengan Resistor 1W itu fungsinya utk apa mas? Kok disini ndak diikutkan.. Trus yang kedua, apakah Ground dari 7812 dan 3055 itu boleh bertemu? Maaf banyak tanya mas, soalnya biasanya dpt tutor berbahasa asing jd saya ndak paham betul penjelasannya.. Hehehe..
    Itu aja mas. Makasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. groundnya jadi satu mas, gak perlu resistor karena transistornya NPN

      Delete
  2. O iya mas.. Satu lagi.. Trafo saya CT..
    Ternyata trafo saya tegangan output nya terkecil 20V.. Apa ada perubahan dalam rangkaiannya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. elco pakai yang 35v atau 50v, lainnya tidak perlu dirubah, karena rangkaian tsb bisa berfungsi sebagai penurun tegangan

      Delete
    2. Oke.. Oke mas..
      Terima kasih banyak..

      Delete
    3. saya jg pakai trafo output 20V, pakai rangkaian diatas, ganti elco 50V, kok tetep keluarnya 20V yah?? jadi bingung

      Delete
    4. Pin IC-nya gak ada yg salah tuh? atau coba ganti 7812-nya

      Delete
    5. mas admin, mau laporan aja dah sukses nih. hehehe
      entah saya salah dimana, cuma saya lepas smw solderan, trus diulang dr awal. alhmdllh sukses.
      trims mas admin.

      Delete
  3. permisi mas, mw numpang tanya, klw untuk trafo CT yg 2A, rangkaian ini bisa dipakai? klw ada komponen yg perlu dirubah, mohon dijelaskan mas.. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih bisa gan, maksudnya 5A itu, arus maksimum yg bisa dialirkan transistor TIP3055, kalo mau sedikit "ngirit" bisa pake transistor TIP41C, arus maksimumnya 3A

      Delete
  4. Mas klo pake travonya 1A ct utk suply tonecontrol komponennya ada yg dirubah ga, klo pake skema yg diatas kegedean apa tidak, mohon penjelasanya, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. TC-nya akan ngmabil arus sesuai dengan kebutuhannya gan, kalo cuma 1A, output 7812 diparelel sama c 100nF, terus langsung ke TC, jangan lupa dipasang pendingin TC-nya

      Delete
    2. Maksud saya IC 7812-nya yg dipasang pendingin, outputnya langsung dihubungkan ke TC tanpa melalui transistor

      Delete
    3. makasih atas penjelasannya, nanti saya coba, mas Dewa boleh tanya lagi ni, saya pake TC S-071 4TR dgn powerampli Ocl 150wat GM-036 trafo power suply 5A 32v, saya ambil suply dari trafo amlpi tapi bass & treeblenya ko ga maen(ga fungsi) cama volume+balance aja fungsi sama pake trafo sendiri 1A ct jga sama hasilnya, itu belum pake skemanya mas Dewa, apa rangkaiannya yang salah apa TC nya yg rusak, mhon penjelasannya, makasih.

      Delete
    4. # maul: kalau menurut pengalaman saya, power OCL 150W yg menggunakan tone control 4TR memang kurang cocok.. dulu saya juga sudah pernah mencoba menggunakan TC 4TR dan hasilnya sama persis sama dengan yang anda alami yaitu hanya balace dan bolume saja yang berfungsi..

      kalau saya boleh menyarankan, ada baiknya anda menggunakan TC 2TR (M*ESTRO M-149) soalnya menurut saya TC 2TR ini sangat cocok untuk power OCL 150W

      Delete
    5. makasih mas Teddy Yuhda.
      kalo menurut saya ampli OCL 150W lebih cocok pake TC bifet

      Delete
  5. mau nanya mas, kalo untuk regulator "+ ct -" pake rangkaian di atas bisa ga.. ? trus cara pemasangan Q1 untuk tegangan yg negatif.y gmana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo untuk tegangan negatif, laen lagi rangkaiannya mas, soalnya saya belum pernah nyoba tegangan negatif pake regulator transistor. Kalo cuma 1A bisa langsung pakai 7912

      Delete
  6. mas admin saya mau tanya nih. saya mau bikin lampu neon box pake led kira2 ada 50 led 1 watt. kira2 rangkaian ini cukup tidak ? atau kalo perlu penggantian komponen ?
    mohon petunjuknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai rangkaian ini sudah cukup kok mas, daya maksimal transistor adalah 12V x 5A = 60W, asal transistornya dikasih pendingin yang besar

      Delete
    2. Kalo mas Batharakala takut transistornya jebol, bisa diparalel 2 biji transistornya, semoga membantu

      Delete
    3. trma kasih atas jawabanya :)

      kalo di paralel transistor nya brti kakinya base sama base, trus emitor sama emitor, collector sama colector. gt mas? klo misalnya di paralel 3 atau 4 transistor gt gmna mas? sori saya klo memparalel transistor belum pernah. baru belajar memparalel led gt ( + sama +, - sama - )

      sori aku nubi bgt nih soal elektronika, lagi belajar dasar2 aja gt :)

      Delete
    4. mas dewa saya tanya lagi, apakah dengan memparalel transistor mka daya output dc akan menjadi naik, soalnya saya brosing2 barusan dapat artikel yg intinya kemampuan transistor menjadi jumlah transistor x lipat (salah satu fungsi transistor sebagai penguat arus)? soalnya takutnya klo led di kasih daya terlalu besar akan cepat rusak :)

      terimakasih sebelumnya atas jawabanya :)

      Delete
    5. betul mas, base sama base, emitor sama emitor, collector sama colector.
      untuk masalah daya, itu adalah daya (sesuai rumus hukum ohm, P= V.I; P= daya (watt), V= tegangan (volt), I= arus (ampere)) maksimal yang bisa dipasok oleh transistor tsb. sedangkan tegangannya akan tetap 12V. Sementara itu peralatan listrik yg terhubung dgn kaki emittor akan mengambil daya sesuai dgn kebutuhannya (ex: rangkaian power supply 10A, dihubungkan dengan LED 5A. maka arus yang mengalir sesuai dengan yang dibutuhkan oleh LED, yaitu 5A, dengan demikian kerja power supply tidak terlalu berat).

      semoga membantu ^_^

      Delete
    6. wah terima kasih banyak mas dewa sangat membantu nih ilmunya :)

      satu pertanyaan lagi nih. led saya cuma 2,8v - 3v apakah jika saya ganti trafo step down nya jdi yg 3v perlu merubah rangkaian ini mas? karena sepertinya 12v msih ketinggian (dulu pernah kipas pc 5v saya masukin lgsg ke stop kontak lgsg terbakar :D)

      terima kaasih sebelumnya mas dewa atas jawabannya :)

      Delete
    7. Daripada nurunin tegangan sampai 3v, lebih baik LED diseri 5 biji saja mas, dgn konfigurasi seri-paralel, tegangan tetap 12V

      Semoga membantu :)

      Delete
    8. oh bgtu y. terima kasih untuk ilmu, tips dan triknya mas dewa :)

      Delete
    9. mas dewa saya ada pertanyaan lagi nih

      setelah muter2 di bbrp toko yg saya tau, ternyata hanya trafo stepdown yg ada trafo 15v 1a. apa saya musti ganti komponen (misal dioda nya diganti1N4007 yg 1a, 1N5408 kan 3a) atau ada yg lainnya? oya saya jadinya bikin regulator yg 10a, krn ternyata lednya masih kurang klo 50 mas :)

      terimakasih sebelumnya atas jawabanya mas dewa :)

      Delete
    10. wah, kalo dipake 50 biji LED, bakalan ngasep tuh trafonya, saran saya pakai trafo 5A, atau power supply PC bekas

      Delete
  7. mw tanya mas dewa, kalau saya ingin keluarannya 5V apakah cukup mengganti IC L7812 menjadi L7805?
    apakah tidak ada perubahan rangkaian sprti gambar diatas... terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. satu lagi mas dewa, rangkaian di atas apakah bisa di gunakan untuk PS tape mobil?
      terima kasih, sukses selalu

      Delete
    2. 1. Tentu bisa mas, 7812-nya langsung di-swap 7805

      2. Setahu saya tape mobil sudah ada regulator di dalamnya, langsung dicolok ke aki dan dipasang sekring

      Delete
    3. 2. maksud saya tape mobilnya mau saya pasang di rumah mas (tidak pake aki)
      terimakasih untuk jawabannya, sukses selalu

      Delete
    4. Kalo dipasang di rumah, transistornya diparalel aja, trafonya pakai 5A keatas, dioda pake bridge 35A

      Delete
    5. Maaf mass tanya nih
      Bagai mana cara memparalelkan transistornya mas???
      Trus kalo pake 2 trafo yang 5A 1 and yang 2A 1 bisa gak
      Alnya aku tak punya trafo sebesar itu
      Maklum anak kost tak bisa beli trafo yang besar
      Karna besar juga harganya
      Thanks
      Mas dewa

      Delete
  8. mas...sy rencana mau pasang kipas ampli, sudah beli kipas 12v DC. Masalahnya trafo utk power ampli 10A CT termasuk ekstranya yg 500 mA jg CT, dan satu trafo utk tonecontrol 1A jg CT, padahal kipasnya non CT. gimana cara ambil arus dari trafo tsb dan tambah komponen apa saja agar bisa utk memberi arus utk kipas tsb? atas Makasih banyak atas jawabannya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ambil keluaran dari salah satu trafo yang 12v, kemudian pasang sebiji dioda, hubungkan ke kutub + kipas, dan kutub - kipas disambung ke terminal CT. Oh ya, setelah dioda dikasih elco 680uF, biar arus kipasnya stabil

      Delete
  9. Makasih jawabannya Mas.....jadi gak perlu pakai LM7812 lagi ya Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo trafonya udah 12V, 7812-nya gak dipake juga gak apa-apa

      Delete
  10. sory kang mau tanya kira2 brpa harga sudah jadi??

    ReplyDelete
    Replies
    1. 45 rebu aja kang, mau yang udah jadi ato dirakit sendiri?

      Delete
    2. bisa hubungi sampeyan lewat apa mas? saya kepengin buat

      Delete
  11. mas kalo misal pengen outputnya 9v 1a yang dirubah kan IC 7809 nah kalo yg 1 ampere nya itu yg dirubah apanya ya?
    maklum mas saya buta masalah ginian, masuk kuliah tiba" disuruh bikin rangkaian power supply T_T
    thx in advice

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo cuma 1A, langsung pake 7809 jg bisa, tanpa pake transistor

      Delete
  12. boleh minta skema rangkaian IC 7812 tapi tegangan itu menggunakan baterai 9 V dua buah, saya ingin keluaran 12 volt gitu?
    komponennya apa aja soalnya di daerahku terbatas soal komponen?

    kalau boleh email lansung k donatur4411@gmail.com makasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh y mas, gini katanya kalau di beri resistor 100 ohm itu akan naik y keluarannya?
      gimana sih cara penghitungannya kalau begitu saya lagi TA ini..hehe

      Delete
    2. saya gak tahu mas, sy juga masih pemula :D
      coba dan ukur tegangan keluarannya setelah dipaasang resistor

      Delete
  13. hallo mas Dewa

    bagaimana kalau tr TIP3055 diganti dengan type mosfet agar amperenya lebih besar, jadi bisa meringkas penggunaan banyak tr yg di paralel jika menginginkan ampere yg lebih besar dengan kata lain hanya mengganti dengan 1 buah Mosfet namun output ampernya jauh lebih besar.

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, sy belum pernah pake mosfet mas
      Saya jg belum pernah tau regulator mosfet

      Delete
    2. misalnya diganti pake mosfet IRFZ44/IRF44/IRF540 tipe N-channel di datasheetnya 36A atau IRF3710 50A
      http://pdf1.alldatasheet.com/datasheet-pdf/view/441373/VISHAY/IRFZ44.html
      aku pernah beli harganya cuman 5 ribu IRF44/IRF540 kalo nggak salah, waktu itu untuk buat inverter DC-AC
      Kalo IRF3710 Pernah beli untuk ganti Mosfet penguat akhir di UPS komputer, harganya aku lupa

      12v x 36A = 432W Atau 12V x 50A = 600W bisa buat nyalain kipas komputer 60 biji tuh mas, hehehee

      Delete
    3. mantab tuh mas hidayat. gak kebayang kalo butuh daya besar pakai tip3055. berapa banyak tr yang akan di paralel. terus buang2 duit dong.

      Delete
  14. Sy jg nemuin IRF540 di inverter ampli mobil. Tpi cuma buat nge-drive trafo
    Kalo untuk regulator sih saya belum pernah nyoba.

    ReplyDelete
  15. Selamat sore mas dewa
    saya pengen numpang tanya,maklum newbie.hehe kalo pake trafo ct yang 3 A bagusnya pake output yang 12v atau 18v ya,buat rangkaian ini?soalnya saya punya trafo yang outputnya segitu.terima kasih

    ReplyDelete
  16. Tergantung, mau dipake buat apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas dewa mw tanya,..gimana cara ngecek berapa volt kebutuhan TC nya...?? karena di TC nya gak ada keterangan input ...volt, trus jika hanya 12 volt kebutuhan nya karena gak ada IC yg 7812 trus di ganti dengan IC 7815 gimana mas...?? matur nuwon

      Delete
    2. Kalo yg pake IC OP-amp bisa dikasih 15V, kalo yg pake tr, saya kurang tau

      Delete
  17. mas DEWA Satosop minta nomor yg bisa dihubungi,,,ato kalo ada pin bb thanks sebelumnya,,,ato dikirim ke email vickramcell@yahoo.co.id aku mau belajar elektro mas,,,masih awam banget xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dilihat di postingan saya: http://dukun-elektro.blogspot.com/2014/04/jual-kit-amplifier-dan-pre-amplifier.html

      Delete
  18. Mas mau tanya nih saya punya trafo engkel 24v 5A trus sya mau gunakan untuk buat adaptor dengan output 24v 3A. Trus adaptor saya mau gunakan untuk POE dengan panjang kabel 100m dan berharap tegangan 24v 3A tersebut stabil pada ujung kabel yg 100m. Kira2 cocok tidak dengan rangkaian diatas, kalau tidak cocok kira2 rangkaian apa yang ditambah atau diganti. Dimohon bantuannya, tolong ya diberitahu lewat email syamandi@yahoo.com

    ReplyDelete
  19. Amper kalo bisa segede mungkin, biar arus masih mencukupi untuk peralatan tsb. Rangkaian tetep sama, ic 7812 diganti 7824

    ReplyDelete
  20. maaf mas. menurut pengalaman yang pernah saya buat . . . menggunakan transistor 2N3055 outputnya tidak murni 12 volt. melainkan 11.5 , itu karena transistor tersebut memiliki drop voltase sebesar 0.5 .. pertanyaan saya apakah transistor TIP3055 juga mempunyai drop voltase ? makasih . . .
    karena saya ingin membuat chargeran aki . jadi voltase yang keluar harus di atas 12 volt . maaf ya mas kalo ada kata kata yang salah atau kasar ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Drop bukan hanya dr tr 3055 tapi dari IC 7813 jg drop sampe 0.5 v

      Delete
    2. oh gitu toh mas.. mau tanya lagi nii ..
      IC tipe LM78xx ada yang diatas 24volt dak ?

      Delete
    3. Kl di atas 24V bisa pake LM317, tinggal diset outputnya

      Delete
    4. matur suwun kang dewa sotosop ^_^

      Delete
  21. mas, tolong dijawab sebelumnya ..
    bahan bahan sudah aku beli siap rangkai. alangkah baiknya jika sebelumnya kita mengetahui spek dari bahan bahan yang akan dibuat agar nanti hasilnya bagus tidak berantakan karena keseringgan lepas solder ..
    sekali lagi saya mau tanya. TIP3055 itu drop voltasenya sampai berapa. kalo model jengkolkan 0.5 volt. terimakasih

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. kang...
    kalau saya ingin keluaran Arus dari rangkaian tersebut sebesar 3A (saya pake travo 3A CT) itu dikasih regulator 78xx ato tidak??
    soalnya kalau tidak salah regulator kan dapat menampung Arus Sebesar 1A saja, nah jika dikasih regulator jadi output Arus yang dikeluarkan rangkaian PS tersebut 1A yah?? mohon dikoreksi ..

    ReplyDelete
  24. BIsakah saya pakai rangkaian ini untuk regulator di mubil? jadi dari aki melewati regulator ini kemudian masuk HT. seandainya output 13,8v adakah yang perlu dirubah?

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo 13.8v itu setahu saya tegangan aki ketika di-charge, atau tegangan aki mobil ketika mesin dinyalakan, kalo HT biasanya g usah pake rangkaian ini, cukup dari aki langsung, jangan lupa dikasih sekering

      Delete
  25. Mas mohon pencerahannya nich..
    Trafo 5a ct pakai elco 2200mf 25v dan elco 2 buah,,suara masih mendesis aja lama lama hilang..mohon dibantu mas..thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba periksa bagian ground-nya, ground dari semua perangkat atau komponen, sambung di satu titik saja dan jauhkan kabel sinyal dari trafo

      Delete
  26. mas tolong di bantu, bagaimana cara menggabungkan elco ke dioda ?

    ReplyDelete
  27. mas minta tolong,gmn caranya buat adapator dengan tegangan 32 volt mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. IC 78xx bisa diganti dengan regulator variable seperti LM317, lainnya sama seperti diatas

      Delete
  28. gan, numpang tanya dong,
    klo mau menguatkan arus dari 1A ke 50A tanpa transistor itu gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sampai 50A, nggak efisien pakai rangkaian diatas, beli saja adaptor switching yang 50A

      Delete
    2. Assalam mualaikum…
      Mw nanya ni mas, trafo (Outputnya 11.0v 1000mA) speaker aktif simbadda rusak.
      Trus mw cari gantinya. Trafo yang di maksud gak ada di jual lagi, tapi yang ada di jual 1A CT dan 1A 0 (nol / mungkin non CT) dengan Output yang sama Max. 12v
      Harus pilih yang mana ni mas? Dan cara pasangnya, apa gak pake komponen tambahan lagi?

      Delete
    3. Amplinya pakai apa mas? Kalau pake IC TDA2030, biasanya CT, kasih aja yg 12V 2A sekalian,

      Delete
  29. gan mw tanya, sya mw bkin power supply dgn keluaran / vout nya +5 dan +12 dgn arus 1A.. klo pke rangkaian diatas, apakah msih bsa dpake buat alat saya? trus klo g bsa apa sja yg hrus diganti/ditambah. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin saja 2 buah, yang 12v pakai ic 7812, yang 5v pakai 7805

      Delete