Rangkaian Amplifier 14W dengan IC TDA2030A

Kali ini saya akan mengajak anda merakit sebuah amplifier berkualitas dengan biaya minim.


Amplifier TDA2030 ini mampu menghasilkan tenaga hingga 14W, meskipun dayanya kecil, amplifier ini memiliki kualitas audio yang cukup bagus dengan harga yang cukup murah, hanya 7500 rupiah, tetapi kualitas audionya jangan disamakan dengan kakaknya, TDA2050, apalagi LM1875 yang sangat fenomenal

Untuk perakitan modul-mudulnya silakan disimak di bawah ini

Modul Amplifier

Rangkaian amplifier TDA2030 hanya membutuhkan sedikit komponen, sehingga bisa dibuat diatas PCB yang berukuran kecil
Skema amplifier TDA2030A





Modul amplifier TDA2030
untuk komponennya bisa anda lihat di skematik diatas. Untuk menghubungkan komponennya anda bisa menggunakan PCB lubang atau P2P (point to point) bisa juga menggunakan PCB cetak. Kapasitor supply saya buat berbeda dari datasheet, di datasheet dianjurkan menggunakan 100µF saya ganti dengan 220µF, sementara itu, dua buah dioda tidak saya gunakan. Kapasitor input sebaiknya pakai MKP atau milar, pakai elco juga bisa tapi anda harus mengorbankan kualitas suara yang dihasilkan, C feedback sebaiknya pakai BP atau 2 buah elco 47

Meskipun ukurannya imut, panas dari IC ini cukup besar, sehingga diperlukan heatsink yang cukup untuk mendinginkan IC TDA2030. Hati-hati juga untuk IC TDA2030 KW, saya pernah sial, waktu saya colok tegangan 12V CT langsung gosong tuh IC

Power Supply

Skema modul power supply di bawah ini sudah dilengkapi dengan rangkaian snubber (rangkian R 1Ω diseri dengan C 100nF) agar noise dari tegangan AC PLN dapat diredam secara maksimal


Modul power supply dengan ranngkaian snubber
untuk trafo, saya menggunakan 12V CT 2 ampere, usahakan cari yang 2A murni, jika anda ragu dengan kemurnian trafo, anda bisa menggunakan elco 4 x 4700µF atau 2x 10.000µF, dioda bisa pakai 1N5408 atau bridge 4A, lebih bagus lagi kalo pakai dioda MUR, karena riak-riak dari tegangan AC keluaran trafo akan hilang. 

Ambil keluaran 12V CT pada trafo, ini terukur menjadi kurang lebih 17V DC setelah memasuki blok amplifier




Preamp

Anda bisa menggunakan preamp bisa juga tidak, karena hasil repro TDA2030 ini kurang memuaskan maka saya menggunakan buffer op-amp. Jika menggunakan tone control, gunakan yang bagus dan sesuaikan dengan selera telinga anda





Pengkabelan

Kabel penghubung usahakan sependek mungkin, dan jangan lakukan looping wiring, ini dilakukan untuk mengurangi resiko noise atau hum, untuk masalah ini saya bahas di lain waktu. Kabel input audio gunakan yang berkualitas, saya sendiri menggunakan kabel merk BELDEN yang biasa digunakan untuk jaringan

Spesifikasi komponen
elco bank Nichicon RS 4700µF
elco bypass supply Elna RJB, RJF, RJG
kapasitor feedback Nippon-Chemicon SME (BP)
Trafo 12V CT 2A murni
resistor belum pakai metal film semua
C input masih pakai yang "busuk"
Kabel pakai seadanya saja
kapasitor ukuran nanofarad masih pakai milar biasa
C snubber pakai 150nF

sementara masih itu dulu, rencana mau upgrade C input pakai MKP, C feedback pakai nichicon MUSE BP, trafo toroid, dioda rectifier pakai MUR860, TDA2030 di-swap LM1875


Foto-foto ampli TDA2030 rakitan saya, menggunakan box bekas receiver parabola jadul, udah ada terminal jepit dan 4 buah soket RCA, perfect....




Layout amplifier


Modul amplifier dengan heatsink transistor jengkol


Modul power supply dengan star wiring
panel belakang dengan terminal cabutan :D


Panel depan,
Uji dengar
saya menggunakan HP sebagai input audio dengan file MP3 320kbps, speaker woofer cabutan subwoofer speaker PC dan tweeter ACR 702. Pertama menggunakan lagu Train - Drive By, instrumen gitar akustik terepro cukup baik, vocal cukup open, treble crisp gak nusuk, kick drum kurang mantap, mungkin karena dayanya yang kecil dan box speker kurang bagus ,tetapi untuk bass gitar sudah cukup mantap.  

Uji dengar 2
Input pakai laptop, speaker bookshelf DIY dengan woofer cabutan, tweeter ACR 702, saya coba memutar beberapa lagu instrumental Kenny G, alunan saxophone terdengar cukup lembut, hi-hat cukup menonjol (cis-cis gitu, bingung jelasinnya :D)





Update 1 Feb 2014
R snubber pakai non induktif (2W) hasilnya dengung hilang, C snubber pakai 150nF

Jika tidak ingin repot membuat PCBnya, saya menyediakan PCB yang siap disolder, kualitas sangat bagus, silakan dipesan di: https://www.tokopedia.com/soundbox

Oh, ya kualitas audio masih bisa ditingkatkan dengan mengganti IC TDA2030 menjadi LM1875, yang ori tentunya

Jika ada kesulitan, saya siap membantu
Selamat ber-DIY ^_^

6 comments:

  1. 2 IC yang di-BTL gitu tha mas? Di datasheetnya TDA2030A ada kok mas

    ReplyDelete
  2. itu kalau trafo gak ct bisa ngga???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, tapi rangkaiannya beda lagi, bisa dilihat di datasheetnya TDA2030A
      Trafonya pakai 0 - 24v

      Delete
  3. gan kalo pake tone kontrol skema nya gimana? tolong skema tone controlnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya nggak ada skemanya gan, coba cari di google aja

      Delete