Pengalaman Memperbaiki Simbadda CST1750N

Berawal dari teman yang minta bantuan saya untuk memperbaiki speakernya yang mati total, akhirnya jadi begini

Pertama saya buka tutup belakangnya dan saya cek, IC-nya pakai 3 buah TDA2030A, dan gak ada yang hangus, dan dilanjutkan dengan pengukuran tegangan DC, terbaca 17.2V dan gak drop. Saya coba sentuh pin 1 masing-masing IC, nggak ada bunyi dengung di speaker. Saya teruskan ngetes semua speker dan jalur outputnya, semua masih oke, dan saya putuskan ketiga TDA tersebut RUSAK!!



Ok, keesokan harinya langsung meluncur ke toko langganan dan dapat 3 buah TDA2030A, sampe dirumah, langsung saya ganti. Kemudian dicolok listrik dan hasilnya..... barusan dicolok listrik, 2 IC untuk speaker satelitnya puanas kayak mau kebakar dan dioda rectifiernya juga panas, dan beberapa menit kemudian ngebul, sementara itu IC untuk subwoofer masih oke. Hangusnya dua IC ini entah TDA-nya KW atau kelebihan tegangan

TDA2030 (merah), IC 4558 (hijau), dioda rectifier (kuning), elko 3300uF (biru) dan elko 47uF 50V (oranye) 

besoknya lagi cari TDA2030 ke toko lain, kata penjualnya sih ori, dan saya ambil 2 buah IC tsb. Tidak hanya IC TDA-nya yang saya ganti, IC op-amp 4558 saya ganti pakai NE5532, dioda yg hangus sy ganti dengan 3A, elko PSU 3300uF saya ganti 4700uF 25V. Elko 47uF 50V yang menghubungkan jalur + dan jalur - (bukan ground) saya buang. IC TDA-nya saya kasih isolator dgn heatsink



Saya coba colokkan ke listrik dan.........
Alhamdulilah, akhirnya bisa bunyi dan panasnya normal, simbokde udah bisa nyanyi lagi. 

Sambil nulis postingan ini, ditemani simbokde yang barusan sembuh :D

Saya pasang kembali kabel-kabelnya dan tutup belakangnya, dan siap dijemput empunya :-D 

5 comments:

  1. mas speker kecil saya putus kabelnya jdi kayak mana buka speker kecil seimbadda cst150n nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dicongkel di celah2 di pinggir-pinggirnya

      Delete
  2. mas punya saya dengung keras banget tu dan trafonya panas..ada apa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dicek ic, dioda rectifier dan tegangan keluaran trafo yang nyambung ke modul amplifier

      Delete
  3. mas mau tanya, untuk lebih jelasnya kabel output dr travo (warna kuning) socket nya di pasang dmna ya ??
    kmaren abis di lepasin smua, pas mau di pasang lagi, pada lupa jalur jalur kabel nya .

    trus untuk kabel biru-hitam-biru(output travo) kalau kabel biru di bolak balik dengan kabel biru yg satunya lagi apakah bisa ??
    trims

    ReplyDelete