LM3886 Super Gainclone By Bob Cordell

Ada banyak versi skematik untuk meningkatkan kualitas suara dari GC LM3886 yang beredar di internet sana, beberapa di antaranya adalah "Super Symmetry" dari mbah Nelson Pass, "MyRef" dari Mauro Penasa, dan "Super Gainclone" yang dirancang oleh bapak Bob Cordell. 

Sebenarnya Super-GC ini adalah GC LM3886 dengan konfigurasi inverting input "standard" yang ditambah buffer dan inverter di bagian inputnya dan DC servo. DC servo ini akan menjaga DC offset agar tetap mendekati 0 mv dan "membuang" kapasitor feedback, sehingga bebas elco di jalur signal.

Konon katanya suara dari SuperGainclone ini jauh lebih baik daripada LM3886 standar, saya sendiri belum mencobanya untuk saat ini (mungkin akan terealisasi setelah project VSSA :D).

Skematiknya dapat dilihat: https://drive.google.com/open?id=18NLCFS9X7Ah0OPpWYSFV5QJL68QINwLy

Untuk opamp bagian buffer dan inverter bisa menggunakan opamp lain sesuai selera, seperti LME49720, OPA2134, dll. Sementara untuk DC servo harus menggunakan opamp dengan JFET input, seperti LF411 yang banyak dipakai sebagai DC servo pada Apex SR series amplifier, atau kalau kepepet bisa pakai TL071. Sepertinya karakter suara dari SuperGC ini dapat "dipoles" hanya dengan rolling IC opamp untuk buffer.



Pada PCB yang saya desain, saya menggunakan supply terpisah untuk opamp-nya, saya akan menggunakan LM317-LM337 sebagai regulator, karena noise-nya lebih rendah dari 78xx/79xx. 

PCB ini berukuran 71 x 45mm, double layer agar tidak terlalu banyak jumper


Layout diatas belum saya tes, bagi yang butuh file PDF-nya akan saya kirim via email

No comments:

Post a Comment