Skema Rangkaian Amplifier 100w Symasym 5.3



Sebenarnya saya sudah lama ingin merakit ampli ini dan dikarenakan lain hal baru menjelang akhir tahun 2018 ini baru akan terealisasi. Saya tertarik untuk merakit symasym karena saya memiliki stok beberapa komponen dan di forum-forum DIY audio banyak yang merekomendasikan untuk merakit ampli ini. 

Dengan catu daya +/-36v amplifier ini menghasilkan output 60-100w RMS pada beban 4-8 ohm. Daya sebesar ini memang cukup untuk sistem home audio, dan lebih dari cukup untuk menggantikan LM1875 milik saya :).



R31/32 = 47ohm, C14 =10pF

Symasym yang akan saya bangun menggunakan final NJW3281 dan NJW1302 dan driver C4793-A1831. NJW0281G dan NJW0302G saya pilih karena harganya lebih murah dari MJL3281-MJL1302 dengan spek yang sama persis, hanya berbeda di kemasannyan NJW menggunakan TO-3P, sementara MJL menggunakan TO-264. Sementara komponen lain saya tetap sesuai skema dari perancangnya, yaitu om Mike Bittner.




Hasil redraw
Layout asli dari pembuatnya

Untuk PCB saya memilih me-redraw karena layout aslinya kurang sedap dipandang dan banyak jalur2 yang terlalu panjang menurut saya :)


Bersambung...

No comments:

Post a Comment